Banyak Orang Salah Mengartikan AZAN dan IQAMAH!

Minggu, 18 Mei 2014.
Hey gue Ryan Kumar, aktivitas lagi ga terlalu sibuk nih jadi pengen ngurus blog sederhana yang gue buat ini hehehe. kali ini gue pengen nulis tentang Banyak Orang Salah Mengartikan AZAN dan IQAMAH! apa sih maksud dari postingan gue kali ini ?sebelum gue lanjut gue mau ngasih tau pengertian AZAN dan IQAMAH dulu yeh, cekidot

PENGERTIAN AZAN DAN IQAMAH
  • Azan dan iqamah adalah dua perkara sunat dilakukan sebelum melakukan mana-mana sembahyang fardhu.
  • Azan dari segi bahasa bermaksud pemberitahuan. Manakala dari segi syara‘ pula diertikan sebagai suatu gabungan perkataan tertentu yang tandanya waktunya sholat fardhu, dan segala sesuatu atau aktivitas harus di hentikan dan harus bergegas menuju masjid.
  • Iqamah pula bermaksud sebutan tertentu untuk membangkitkan para hadirin mengerjakan sembahyang.
udah tau kan pengertiannya ? nyatanya apa yang terjadi di INDONESIA ? ketika Azan berkumandangan banyak orang yang belum atau masih nyantai di rumah, padahal pengertian Azan itu jelas: "tandanya waktunya sholat fardhu, dan segala sesuatu atau aktivitas harus di hentikan dan harus bergegas menuju masjid" tetapi mengapa banyak orang INDONESIA seperti itu ? giliran ketika Iqamah berkumandang orang orang baru pada bergegas ke masjid, padahal pengertian Iqamah itu juga sudah jelas: "Iqamah pula bermaksud sebutan tertentu untuk membangkitkan para hadirin mengerjakan sembahyang" di sini saya hanya ingin meluruskan saja, walau saya bukan ustad atau ulama, tetapi saya ingin sharing aja, bila AZAN BERKUMANDANG marilah kita menuju masjid, BUKAN malah santai di rumah, dan bila IQAMAH BERKUMANDANG kita harus sudah siap melakukan shalat, BUKAN malah baru datang ke masjid.

sekian dulu deh buat sharingnya kali ini, bila saya salah mohon koreksinya, saya menulis ini karena itu yang terjadi di negara kita ini.

Comentários:

Posting Komentar

 
Ryan Kumar Yustana © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |